Layanan Konsumen +62 899-3299-977

Syarat dan Ketentuan

Terima kasih atas kepercayaan anda menggunakan produk dan layanan TaraNet.

Laman ini berisi Syarat Ketentuan Layanan TaraNet yang berlaku untuk penyediaan Layanan TaraNet oleh Amanusa Telemedia Mahardika. Dengan mengajukan Formulir Aplikasi Berlangganan atau menggunakan produk dan layanan TaraNet atau mengakses halaman ini, berarti melahirkan perjanjian antara anda dan Amanusa Telemedia Mahardika yang dibuat secara elektronik, dan anda dianggap telah mempelajari, memahami dan menyatakan setuju untuk terikat pada syarat dan ketentuan ini.

Syarat Ketentuan Layanan TaraNet ini dapat dilengkapi dengan syarat dan ketentuan khusus yang disepakati oleh Amanusa Telemedia Mahardika dan Pelanggan dari waktu ke waktu. Apabila anda tidak ingin tunduk dan terikat pada Syarat Ketentuan Layanan TaraNet ini, anda dilarang untuk menggunakan Layanan TaraNet, serta wajib menghentikan akses ke situs ini.

Syarat Ketentuan Layanan TaraNet ini akan selalu dianggap otomatis tercantum dan melekat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari setiap perjanjan yang dibuat oleh Amanusa Telemedia Mahardika dengan pihak lain yang terkait dengan penyediaan maupun penggunaan Layanan TaraNet, kecuali dinyatakan lain di dalam perjanjian tersebut.

Setiap perubahan terhadap syarat dan ketentuan umum ini akan diinformasikan melalui situs ini oleh karena itu anda dihimbau untuk mengakses laman ini secara berkala untuk mengetahui perubahannya (apabila ada).

Syarat Ketentuan Layanan TaraNet ini berlaku efektif sejak tanggal pengajuan Formulir Aplikasi Berlangganan Layanan TaraNet oleh Pelanggan dan berlaku sampai dengan diakhirinya sesuai ketentuan Syarat Ketentuan Layanan.

A. Pengertian

  1. Biaya Layanan TaraNet adalah biaya-biaya sebagaimana disebutkan dalam formulir aplikasi berlangganan Layanan TaraNet, yang antara lain terdiri dari biaya pasang baru, biaya perangkat dan biaya bulanan.
  2. Formulir Aplikasi Berlangganan atau FAB adalah formulir aplikasi yang disediakan secara fisik atau elektronik oleh Amanusa Telemedia Mahardika melalui situs taranet.id atau website untuk dilengkapi oleh Pelanggan yang bermaksud untuk berlangganan Layanan TaraNet.
  3. PT. Amanusa Telemedia Mahardika atau Amanusa yang dalam hal ini bertindak sebagai penyedia layanan Fiber to The Home (FTTH) yaitu TaraNet.
  4. Jaringan TaraNet adalah jaringan yang digunakan oleh Amanusa Telemedia Mahardika untuk menyelenggarakan dan menyediakan Layanan TaraNet bagi Pelanggan.
  5. Keadaan Memaksa adalah setiap peristiwa yang terjadi di luar kemampuan, kendali, kekuasaan dan perkiraan Amanusa, yang mengakibatkan terhenti atau tertundanya pelaksanaan sebagian ataupun seluruh Syarat Ketentuan Layanan oleh Amanusa, antara lain: bencana alam, banjir, tsunami, pandemi, sabotase, huru hara, peperangan, peledakan, kebakaran, pemadaman listrik, tindakan pemerintah atau tindakan pihak ketiga, gangguan teknis atau alasan lainnya yang diluar kuasa Amanusa.
  6. Kebijakan Privasi adalah syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Amanusa dan tercantum pada laman www.taranet.id mengenai penggunaan data pengguna maupun pelanggan TaraNet.
  7. Layanan TaraNet adalah layanan dari Amanusa yang diselenggarakan sendiri ataupun dengan bekerjasama antara Amanusa dengan pihak lain, dengan pilihan paket sebagaimana tercantum dalam Formulir Aplikasi Berlangganan Layanan TaraNet.
  8. Lokasi Pelanggan adalah lokasi Pelanggan yang didaftarkan oleh Pelanggan sesuai Formulir Aplikasi Berlanggan.
  9. Pelanggan adalah setiap orang atau badan usaha yang berkedudukan di Indonesia, yang meminta Amanusa untuk menyediakan Layanan TaraNet dan telah setuju untuk berlangganan Layanan TaraNet berdasarkan Syarat Ketentuan Layanan.
  10. Perangkat TaraNet adalah perangkat milik Amanusa atau mitra Amanusa yang terdiri dari termination box, ONT (Optical Network Terminal) dan perangkat pendukung lainnya yang dipasang di Lokasi Pelanggan, selama Pelanggan berlangganan Layanan TaraNet.
  11. Syarat Ketentuan Layanan adalah syarat dan ketentuan Layanan TaraNet sebagaimana tercantum dalam laman ini, Formulir Aplikasi Berlangganan, beserta seluruh penambahan dan perubahannya yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh Amanusa dan Pelanggan.

B. Layanan TaraNet

  1. Layanan TaraNet disediakan oleh Amanusa bagi Pelanggan selama Periode Berlangganan dan sesuai permintaan Pelanggan yang tercantum dalam FAB.
  2. Pelanggan berhak mendapatkan Layanan TaraNet dari Amanusa sesuai FAB dan Syarat Ketentuan Layanan selama Periode Berlangganan, sepanjang Pelanggan telah memenuhi kewajibannya sebagai Pelanggan sebagaimana diatur dalam Syarat Ketentuan Layanan ini.
  3. Pelanggan bertanggung jawab sepenuhnya dan membebaskan Amanusa dari segala tuntutan, dalam hal timbul gugatan atau tuntutan dari pihak ketiga atas setiap penggunaan Layanan TaraNet oleh siapapun di Lokasi Pelanggan termasuk penggunaan oleh anggota keluarga, pegawai, penghuni, atau pihak ketiga lainnya.
  4. Pelanggan wajib turut menjaga Perangkat TaraNet yang terpasang di Lokasi Pelanggan agar kelangsungan Layanan TaraNet berjalan dengan baik selama Periode Berlangganan.
  5. Pelanggan dilarang melakukan penjualan kembali baik sebagian maupun keseluruhan Layanan TaraNet dalam bentuk apapun tanpa persetujuan tertulis dari Amanusa.
  6. Pelanggan dilarang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum menyalahgunakan Layanan TaraNet dengan cara melakukan akses melalui komputer dan/atau sistem elektronik apapun, dengan cara dan dengan tujuan apapun tanpa persetujuan tertulis Amanusa.
  7. Pelanggan dilarang memberikan hadiah, tips, atau pemberian lainnya kepada petugas instalasi, sales Layanan TaraNet ataupun pihak lain yang ditunjuk oleh Amanusa terkait penyediaan Layanan TaraNet bagi Pelanggan.
  8. Pelanggan dilarang menggunakan Layanan TaraNet untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan pihak manapun, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut:
    • mempengaruhi, mengganggu atau merusak suatu Jaringan TaraNet atau sistem elektronik pihak manapun;
    • melakukan pengiriman e-mail secara terus menerus dengan tidak bertanggung jawab (spamming);
    • memalsukan e-mail header atau metode lain yang digunakan dengan tujuan untuk memalsukan identitas Pelanggan;
    • pelanggaran terhadap Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) pihak lain;
    • tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma kesopanan, kesusilaan, peraturan, atau hukum yang berlaku di Indonesia.
  9. Amanusa berhak melakukan pemblokiran penyediaan Layanan TaraNet bagi Pelanggan apabila ada indikasi pelanggaran oleh Pelanggan atas Syarat Ketentuan Layanan ini atau jika Pelanggan tidak melakukan pembayaran Biaya Layanan TaraNet pada tanggal jatuh tempo pembayaran.
  10. Layanan TaraNet adalah layanan “up to” dan “as is” tanpa: (i) jaminan tertentu, (ii) jaminan gangguan layanan dan (iii) jaminan ketersedian layanan di mana layanan dapat diakses secara bersamaan oleh semua Pelanggan tanpa pengaturan, alokasi dan/atau prioritas tertentu.
  11. Dalam menjalankan Layanan TaraNet, Amanusa dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan Layanan TaraNet berdasarkan salah satu pertimbangan sebagai berikut :
    • diwajibkan oleh instansi yang berwenang;
    • Layanan TaraNet sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi terkini;
    • Layanan TaraNet sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi terkini;
    • pertimbangan-pertimbangan lain yang dianggap wajar oleh Amanusa.

C. Permohonan Berlangganan

  1. Pelanggan yang wajib mengisi dan melengkapi informasi yang diminta dalam Formulir Aplikasi Berlangganan untuk dapat berlangganan Layanan TaraNet. Pelanggan menjamin dan bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan kelengkapan seluruh informasi yang diberikan oleh Pelanggan selama proses pendaftaran berlangganan Layanan TaraNet.
  2. Amanusa, berdasarkan pertimbangannya sendiri, berhak menerima atau menolak setiap permohonan berlangganan Layanan TaraNet Pelanggan.

D. Pemasangan Perangkat

  1.  Apabila FAB Pelanggan disetujui oleh Amanusa, Amanusa akan melakukan instalasi Perangkat TaraNet di Lokasi Pelanggan pada waktu yang telah disepakati antara Pelanggan dan Amanusa.
  2. Seluruh perizinan dan persetujuan dari pihak-pihak terkait yang diperlukan untuk kebutuhan pemasangan Perangkat TaraNet di Lokasi Pelanggan merupakan tanggung jawab Pelanggan dan biaya yang timbul terkait dengan perizinan dan persetujuan tersebut merupakan beban Pelanggan sepenuhnya.
  3. Pembatalan terhadap jadwal pemasangan Perangkat TaraNet setelah FAB Pelanggan disetujui akan dikenakan biaya pembatalan terhadap Pelanggan yang besarnya disebutkan dalam FAB atau sebagaimana ditentukan oleh Amanusa.
  4. Pelanggan membebaskan Amanusa (termasuk pihak ketiga lain yang ditunjuk secara resmi oleh Amanusa ) dari segala gugatan atau tuntutan pihak manapun juga atas segala kemungkinan yang timbul akibat dari pemasangan dan penggunaan Perangkat TaraNet di Lokasi Pelanggan.
  5. Pelanggan wajib menjaga keamanan Perangkat TaraNet di Lokasi Pelanggan dan memelihara Perangkat TaraNet sehingga dalam kondisi baik untuk dapat menikmati Layanan TaraNet.
  6. Pelanggan wajib membaca, memahami dan menandatangani berita acara penyerahan Perangkat TaraNet yang disiapkan oleh Amanusa (atau mitra Amanusa ) pada saat selesai dilakukannya pemasangan Perangkat TaraNet di Lokasi Pelanggan.
  7. Pelanggan dilarang melakukan perubahan, modifikasi atau penyambungan peralatan lain ke Jaringan TaraNet ataupun Perangkat TaraNet yang dapat mempengaruhi kinerja Jaringan TaraNet, Perangkat TaraNet ataupun kualitas Layanan TaraNet. Pelanggaran terhadap hal ini dapat berakibat pada timbulnya kerugian, kerusakan atau tidak tercapainya kualitas Layanan TaraNet, yang sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab Pelanggan.
  8. Periode Berlangganan adalah jangka waktu berlangganan Layanan TaraNet yang informasinya tercantum di dalam FAB.

E. Biaya Layanan

  1. Biaya Layanan TaraNet adalah sebagaimana tercantum di dalam FAB yang meliputi antara lain: biaya pemasangan, biaya bulanan, biaya sewa perangkat, biaya pembatalan dan sebagainya.
  2. Biaya Layanan TaraNet yang tercantum dalam FAB belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai peraturan perpajakan yang berlaku, dan akan dibebankan kepada Pelanggan.
  3. Amanusa dapat memberlakukan tarif baru atas penyediaan Layanan TaraNet, yang perubahannya akan terlebih dahulu diinformasikan kepada Pelanggan sebelum diberlakukan.

F. Penagihan dan Pembayaran Tagihan (Billing)

  1. Amanusa berhak menerima kompensasi berupa Biaya Layanan TaraNet atas penyediaan Layanan TaraNet bagi Pelanggan. Oleh karena itu, Amanusa berhak melakukan penagihan Biaya Layanan TaraNet atas penyediaan Layanan FTTH dalam Periode Berlangganan kepada Pelanggan setiap bulan.
  2. Tagihan Biaya Layanan TaraNet akan diterbitkan secara elektronik oleh Amanusa dan rinciannya dapat diperoleh Pelanggan melalui aplikasi web ataupun e-mail (sepanjang Pelanggan telah mendaftarkan e-mail Pelanggan di dalam FAB).
  3. Pelanggan wajib membayar biaya berlangganan Layanan FTTH selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo pembayaran yang ada pada tagihan setiap bulannya.
  4. Pembayaran tagihan dapat dilakukan baik melalui aplikasi web yang tersedia atau secara langsung di Gerai atau kanal pembayaran TaraNet yang ditunjuk.

G. Pemutusan dan Pengakhiran Layanan

  1. Amanusa berhak mengakhiri Layanan TaraNet setiap saat dan dengan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan, apabila (i) Pelanggan terbukti melanggar Syarat Ketentuan Layanan atau jika ada indikasi pelanggaran oleh Pelanggan atas Syarat Ketentuan Layanan, atau (ii) diperintahkan oleh Pemerintah, atau (iii) timbulnya Keadaan Memaksa secara 30 (tiga puluh) hari terus menerus.
  2. Amanusa berhak mengakhiri Layanan TaraNet berdasarkan Syarat Ketentuan Layanan ini tanpa alasan apapun melalui suatu pemberitahuan tertulis sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal efektif pengakhiran yang dikehendaki oleh Amanusa.
  3. Amanusa dan Pelanggan setuju untuk mengesampingkan keberlakuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang mengatur diperlukannya putusan pengadilan untuk pembatalan atau pengakhiran Syarat Ketentuan Layanan ini.
  4. Pemutusan ataupun pengakhiran Layanan TaraNet atau Syarat Ketentuan Layanan ini oleh setiap pihak ataupun Para Pihak, tidak menghapuskan pemenuhan hak dan kewajiban yang telah timbul sampai dengan tanggal efektif pemutusan/pengakhiran Layanan TaraNet, sehingga pihak yang bersangkutan masih harus menyelesaikan seluruh kewajiban yang belum terselesaikan tersebut.
  5. Periode pembayaran dan berlangganan memiliki waktu minimum selama 12 bulan, akan dikenakan denda sebesar Rp.500.000* (belum termasuk PPN 11%) apabila kurang dari 12 bulan.

H. Pembatasan Tanggung Jawab

  1. Selain sebagaimana disebutkan dalam bagian lain Syarat Ketentuan Layanan ini, Amanusa tidak bertanggung jawab atas kerugian-kerugian tidak langsung yang timbul dan diderita oleh Pelanggan dan/atau pihak ketiga. Amanusa hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian yang diderita langsung oleh Pelanggan sepanjang dapat dibuktikan bahwa kerugian tersebut timbul secara langsung karena semata-mata kesalahan Amanusa, dengan jumlah maksimum 2 (dua) bulan biaya berlangganan Layanan TaraNet untuk bulan terakhir yang telah dibayarkan oleh Pelanggan kepada Amanusa.
  2. Amanusa dibebaskan dari kewajibannya melaksanakan Syarat Ketentuan Layanan jika terjadi Keadaan Memaksa.
  3. Amanusa tidak bertanggung jawab atas klaim, kewajiban, dan/atau kompensasi yang terkait dengan penggunaan Perangkat TaraNet atau Layanan TaraNet, terhadap kerusakan yang terjadi sebagai akibat dari penyalahgunaan Perangkat TaraNet /atau Layanan TaraNet oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab (termasuk atas isi komunikasi yang dikirimkan dengan menggunakan Layanan TaraNet atau Jaringan TaraNet), terjadinya Keadaan Memaksa, penggunaan jaringan telekomunikasi atau infrastruktur atau perangkat lain yang berkaitan dengan Layanan TaraNet, untuk cedera fisik, penyakit, risiko kesehatan atau kerusakan lain yang terjadi kepada Pelanggan atau kepada orang lain.
  4. Amanusa tidak bertanggungjawab atas isi berita dan/atau informasi dan/atau data yang dimiliki Pelanggan dan/atau kehilangan data yang dikirim/diterima oleh Pelanggan kepada/dari pihak lain melalui Layanan TaraNet. Oleh karenanya, dengan ini Pelanggan membebaskan Amanusa dari segala gugatan/tuntutan dari pihak manapun juga terkait dengan hal ini.
  5. Situs yang diakses Pelanggan dengan menggunakan Layanan TaraNet mungkin menyediakan link ke situs pihak lain. Link tersebut tidak dapat dianggap bahwa Amanusa menyetujui dan bertanggung jawab atas konten situs pihak lain tersebut. Amanusa tidak bertanggung jawab atas konten atau materi lainnya yang ada pada situs pihak lain tersebut.

I. Customer Service / Pusat Kontak Layanan

  1. Pelanggan dapat menghubungi Pusat Kontak Layanan Pelanggan Amanusa untuk setiap pertanyaan, keluhan maupun masukan terkait dengan Layanan TaraNet, yang dapat diakses melalui.
    E-mail :  cs@taranet.id
    WA      : 0899-3299-977

J. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

  1. Kelompok usaha Amanusa memiliki dan memegang hak kekayaan intelektual dari berbagai macam logo, merek, nama, hak cipta, gambar dan aplikasi sehubungan dengan Layanan TaraNet, yang seluruhnya dilindungi oleh hukum yang berlaku. Penggunaan hak kekayaan intelektual milik kelompok usaha Amanusa tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Amanusa ataupun tanpa dasar yang sah merupakan suatu pelanggaran hak kekayaan intelektual yang dapat dituntut berdasarkan hukum yang berlaku.
  2. Hak kekayaan intelektual atas konten pihak ketiga yang terkandung di dalam Layanan TaraNet akan tetap merupakan milik dan tanggung jawab pihak ketiga tersebut.

K. Data Pelanggan

  1. Dengan membeli atau menggunakan Layanan TaraNet, Pelanggan mengizinkan Amanusa untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan dan/atau membuka akses, menghapus atau memusnahkan informasi dan data yang diberikan oleh Pelanggan melalui Layanan TaraNet atau yang dikumpulkan oleh Amanusa dari Pelanggan, untuk tujuan-tujuan sebagai berikut:
    • penyediaan Layanan TaraNet kepada Pelanggan;
    • melakukan proses transaksi;
    • menjaga dan meningkatkan kualitas dan pengalaman Pelanggan terhadap Layanan TaraNet;
    • mendukung kegiatan usaha Amanusa; atau
    • tujuan-tujuan lain yang diizinkan maupun diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
  2. Pelanggan setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran atau informasi terkait dengan produk-produk atau program-program yang diselenggarakan oleh Amanusa dan/atau melalui pihak lain yang bekerja sama dengan Amanusa. Pelanggan yang tidak bersedia untuk menerima penawaran atau informasi terkait dengan produk pihak lain yang bekerja sama dengan Amanusa dapat menghubungi Pusat Kontak Layanan Pelanggan untuk proses lebih lanjut.
  3. Penanganan informasi dan data Pelanggan Amanusa juga tunduk dan terikat pada Kebijakan Privasi.

L. Lain-Lain

  1. Syarat Ketentuan Layanan ini tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Syarat Ketentuan Layanan ini menggantikan persetujuan atau kesepakatan yang dibuat sebelumnya tentang ketentuan dan syarat berlangganan Layanan TaraNet (apabila ada).
  3. Pelanggan mengizinkan dan memberi wewenang kepada Amanusa untuk menggunakan Syarat Ketentuan Layanan ini berikut setiap perubahan, tambahan ataupun pembaharuannya termasuk catatan, informasi maupun data yang berhubungan dengan Pelanggan dalam bentuk apapun yang diperoleh dari Pelanggan untuk keperluan dan kepentingan Amanusa sendiri maupun untuk kerja sama antara Amanusa dengan mitra Amanusa.
  4. Apabila salah satu ketentuan dan/atau syarat-syarat dalam Syarat Ketentuan Layanan menjadi tidak sah atau tidak dapat diberlakukan secara sah, ketentuan-ketentuan lainnya tidak akan terpengaruh.
  5. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan/atau pelaksanaan Syarat Ketentuan Layanan, Pelanggan dan Amanusa sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat. Apabila musyawarah mufakat tidak berhasil untuk menyelesaikan masalah dalam waktu yang wajar, Pelanggan dan Amanusa sepakat untuk memilih domisili hukum yang tetap di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Taranet adalah provider internet berkualitas kami menyediakan 100% Internet Fiber to the Home (FTTH).

Taranet Operation Center

Jl. Tulodong Bawah B6, RT.10/RW.4
Selong, Kec. Kby. Baru
Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

Taranet Marketing Office

Gedung Gama Tower
Gama Tower FI 33, Jl. H. R. Rasuna Said No.2, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Kontak Kami
Layanan Konsumen
Alamat Email

Copyright ©2023. PT AMANUSA TELEMEDIA MAHARDIKA . All Right Reserved

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu seputar layanan Taranet?